Diberdayakan oleh Blogger.
Tagged under:

Bel Sekolah Otomatis

Setiap pergantian jam pelajaran, jam masuk dan jam pulang disekolah harus ditandai dengan suara bell untuk mengisyaratkannya. Yang kebanyakan sekarang terjadi adalah sekolah mempunyai petugas khusus untuk membunyikan bell tersebut, petugas tersebut akan akan selalu melihat jam ketika jam masuk, pergantaian jam dan jam pulang. Hal ini akan sangat berisiko adanya keterlambatan dalam menekan bell,.  Cara manual ini membuat tidak terlalu efektif karena waktu dibunyikannya belum tentu tepat. Sering kali petugas pembunyi bel lupa untuk mmbunyikan bel yang pasti dibutuhkan untuk mengetahui lama pelajaran berlangsung. Untuk menghindari kesalahan manusia ini, bel otomatis yang dapat diatur waktunya mulai dikembangkan.

Melalui bel otomatis ini, para petugas tidak perlu memperhatikan jam pelajaran dan takut lupa membunyikan bel. Aplikasi bel sekolah yang digunakan pada peralatan canggih ini telah didesain dan dibuat sedemikian rupa sehingga akan berbunyi secara otomatis saat waktu yang ditentukan.
Cukup dengan memasukkan waktu yang diinginkan, Bell akan berbunyi secara otomatis. Saat ini, software bel yang canggih ini juga telah dilengkapi dengan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Anda bisa download Software Bel Sekolah Otomatis secara gratis dengan cara klik link download (via Mediafire) yang disediakan dibawah.
http://www.mediafire.com/download/edf98bf5zonxvzo/BEL_SEKOLAH_OTOMATIS.rar


Petunjuk Instalasi Bel Sekolah Otomatis

 Setelah kita berhasil mendownload Bel Sekolah Otomatis Gratis, maka selanjutnya kita akan menginstall software tersebut ke dalam komputer kita.
Dengan memanfaatkan peralatan yang telah ada di Sekolah, misal : komputer, amplifier dan loudspiker. Yang pastinya hampir di semua sekolah sudah memiliki peralatan tersebut.  Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu bel dapat berbunyi otomatis sesuai waktu yang sudah di tentukan sebelumnya dan untuk jenis suara bel juga dapat kita sesuaikan sendiri sehingga dapat meringankan pekerjaan penjaga sekolah/guru piket. Untuk penentuan waktu cukup 1 kali saja karena hasil inputan data bel otomatis akan disimpan dalam database sehingga untuk menggunakannya hanya cukup buka aplikasi bel otomatis ini kemudian tekan tombol play. Dengan otomatis bel otomatis akan bunyi pada jam-jam yang sudah ditentukan.




ALAT PENUNJANG YANG HARUS DISEDIAKAN


  • Komputer minimal pentium III
  • Komputer tidak harus khusus bel, tapi cukup diinstal pada komputer TU yg biasanya sehari-hari dipakai untuk mengetik laporan.
  • Speaker Active atau Speaker Corong (MegaPhone)
  • Penentuan jenis speaker sesuai dengan sekolah masing-masing tergantung pada kerasnya suara dan jarak yg dibutuhkan sehingga informasi dapat sampai pada tempat yg dikehendaki.
LANGKAH-LANGKAH INSTALASI
1. File hasil download adalah berupa file dalam bentuk Winzip (Bel_Sekolah)
2. Extraklah file tersebut dengan cara klik kanan pada file lalu sorot/pilih Extract here

3. Maka akan didapati folder baru "Bel_Sekolah", bukalah folder tersebut dan jalankan file "BelSekolah" dengan klik dua kali. Maka akan terbuka interface bel sekolah otomatis seperti gambar di atas.


4. kemudian SETTING sesuai dengan waktu bel yang ada di lembaga/sekolah
 
5. Untuk menyembunyikan tampilan program (bukan menutup keluar program), klik saja tombol minimize program.
6. Dan Untuk menutup program silahkan klik kanan gambar / icon Bel Sekolah pada taskbar, kemudian klik "Keluar"
CATATAN
1. Program ini bisa dipasang pada komputer TU yang setiap hari dipakai
2. Ketika tiba saat Bel berbunyi maka bel akan otomatis berbunyi sesuai waktu / jam yang telah ditentukan
3. Komputer yang digunakan selanjutnya dihubungkan pada Loadspeaker yang melalui aplifier.
4. Program akan berjalan otomatis setiap komputer dihidupkan

4 komentar:

  1. Ada nggak, aplikasi untuk Tabungan Sekolah yang GRATIS? Bisa bagi dong! :)
    ^MF

    BalasHapus
  2. sangat membantu trimakasih telah membagi... kami dari smkn1 curup bengkulu.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Untuk suara belnya bisa mas download pada link berikut ini...
      Copy link berikut https://bit.ly/2TtJObJ dan paste pada browser.

      Hapus